Keuntungan dan Kerugian Tinggal di Singapura

Singapura memang merupakan salah satu dari negara yang menjadi magnet bagi para perantau. Di tahun 2015 saja, berdasarkan dengan data departemen tenaga kerja, hampir 30% pekerja yang ada di Singapura adalah warga negara asing. Tentunya sebelum anda mempertimbangkan untuk dapat bekerja di Singapura, anda juga perlu untuk mengetahui berbagai hal tentang Singapura. Termasuk juga dengan keuntungan dan kerugian dari tinggal di negara tersebut. Nantinya hal ini akan bisa memberikan anda sebuah gambaran bagaimana tinggal di Singapura.

Keuntungan dan Kerugian Tinggal di Singapura

Singapura ternyata sudah melampaui Amerika Serikat (AS) dalam menjadi negara paling kompetitif di dunia, menurut versi World Economic Forum (WEF). Dalam Global Competitiveness Report 2019, WEF mengukur 141 negara melalui 103 indikator utama, seperti halnya inflasi, keterampilan digital hingga dengan tarif perdagangan yang ada di negara tersebut.

Indikator kunci dalam laporan ini disusun dalam ke dalam 12 pilar, yang meliputi lembaga, stabilitas ekonomi makro dan juga kesehatan. Seperti yang dikutip oleh CNBC Amerika Serikat yang memegang posisi teratas dalam peringkat 2018, kemudian turun ke posisi kedua tahun ini. Meski demikian, Amerika tetap menjadi negara yang cukup kompetitif.

Sekilas Tentang Singapura

Negara Singapura adalah sebuah negara yang dikenal memiliki kawasan properti terbaik di dunia, maka tidak heran jika negara yang satu ini selalu menjadi sasaran para investor untuk membeli properti, termasuk juga dengan Indonesia. Perumahan di Singapura sebagian besar memiliki gedung yang sangat tinggi atau berbentuk apartemen, sehingga jika di lihat pemandangan tersebut sangat unik dan artistik.

Bagi orang yang tinggal di perumahan biasa mereka akan jarang memiliki sebuah halaman kosong yang ada di belakang rumahnya, tetapi mereka akan menemui taman dengan pepohonan hijau di sekitar pulau-pulau yang memang sengaja dibuat. Singapura memiliki banyak sekali aturan dan menjadi negara yang cukup tegas dalam menegakkan aturan-aturan tersebut, sehingga segala sesuatu di negara ini berjalan dengan teratur.

Salah satu hal tentang Singapura yang menarik banyak orang untuk bekerja di negara tersebut adalah tingginya tawaran gaji yang diberikan jika bekerja di Singapura. Meski demikian biaya hidup di situs s1288 Singapura juga lebih tinggi daripada negara-negara lainnya di Asia Tenggara. Beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika anda tinggal di Singapura sebagai berikut.

Keuntungan Tinggal di Singapura

Singapura menyediakan banyak sekali pilihan bagi pendatang baru, apakah ingin menyewa rumah HBD (milik pemerintah) atau ingin tinggal dirumah milik pribadi. Di Singapura perumahan horizontal seperti di US dapat ditemukan dengan mudah pinggiran kota.

Transportasi Umum

Keuntungan yang lain jika menetap di Singapura adalah transportasi umum di negara ini juga sudah sangat bagus. Anda nantinya juga bisa mengelilingi Singapura menaiki bus dan juga kereta MRT (Mass Rapid Transit) itu tentunya sangat mudah dan murah. Dalam dekade ini jalur kereta juga akan terus dikembangkan hingga daerah terjauh di Singapura sudah bisa dijangkau dengan mudah. Selain itu taksi juga sangat murah di negara ini.

Tertib Peraturan

Salah satu hal yang juga cukup menarik, Singapura adalah negara dengan penduduk yang lebih teratur dibandingkan dengan Indonesia. Salah satu contohnya terlihat dari kondisi jalanan. Para pengemudi yang ada di Singapura jauh lebih tertib dibandingkan dengan Indonesia, sekalipun disana tidak ada polisi di pinggir jalan.

Hal tersebut dikarenakan seluruh sisi jalan sudah dipantau menggunakan CCTV dan sistem lalu lintas yang dijalankan cukup ketat. Kalau anda nantinya melanggar lalu lintas di Singapura, maka siap-siap saja anda akan menerima surat tilang yang akan dikirimkan ke rumah. Tergantung dengan jenis apa yang dilakukan, anda nantinya dapat menerima hukuman mulai dari membayar sejumlah denda sampai dengan pencabutan SIM. Jika SIM anda sampai dicabut, bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai anda dapat mempunyai SIM lagi.

Lebih Aman

Singapura juga merupakan sebuah negara yang sangat aman untuk ditinggali dan hidup anda akan terjamin meskipun tidak melihat mobil polisi berkeliaran. Selain itu, di negara ini tingkat kejahatan sangat rendah dan tidak ada ampun bagi seseorang yang datang membawa narkoba ke negara ini. Pengedar narkoba akan dihukum mati. Berjalan di malam hari di Singapura bukan sebuah hal yang sangat berbahaya untuk dilakukan.

Kekurangan Tinggal di Singapura

Properti yang Mahal

Kekurangan dari menetap di Singapura yaitu harga sewa tempat tinggal disana yang sangat mahal, apalagi perumahan di tempat ini dekat dengan pusat kota seperti Orchard Road, Holland Village, dan lain lain. Perumahan horizontal biasanya juga akan sangat mahal.

Jika seorang pendatang baru ingin pindah lebih jauh dari pusat kota, maka harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Pemerintah Singapura membuat sebuah peraturan bagi pendatang baru bahwa mereka akan sulit mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Hal ini bertujuan agar pendatang baru yang nantinya tidak memiliki kemampuan untuk hidup di sana dengan harga sewa rumah yang mahal, mereka akan meninggalkan Singapura.

Meskipun Singapura adalah salah satu negara kecil tetapi memiliki jaringan jalan dan sistem transportasi yang sangat luas. Di negara ini anda nantinya bisa menaiki taxi, naik kereta atau bus dengan sangat mudah

Biaya Mobil yang Mahal

Hal lain yang juga nantinya perlu anda ketahui mengenai Singapura adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat memiliki Mobil. Di negara ini pajak yang dikeluarkan untuk mobil sangat tinggi pertahunnya, sehingga bisa dipastikan mereka yang mengendarai mobil disini adalah orang kaya.

Tidak sama dengan di Indonesia, dimana mobil tidak lagi jadi barang mewah. Karena seseorang dengan gaji rata-rata bisa membeli mobil dengan kredit. Singapura mematok cukup tinggi pajak untuk mobil impor. Di seluruh negara Asia, mobil impor memang dikenakan pajak yang cukup tinggi, tapi di Singapura, pajak yang akan dikenakan luar biasa tinggi.

Di Singapura pemilik mobil juga harus membayar surat hak milik, serta bea cukai, pajak dan juga biaya asuransi. Sebuah mobil di Singapura sama seperti enam-tujuh kali lipat untuk dapat membeli mobil di Indonesia. Selain itu, tol di negara ini dikenal sebagai ERP (Electronic Road Pricing) dan harga tol ini akan naik di jam sibuk. Pengendara juga harus membayar parkir dimanapun mereka akan parkir, termasuk di mall dan juga beberapa tempat umum lainnya.

Biaya Hidup Tinggi

Di akhir tahun 2015 saja, harga tanah di sana paling murah adalah 100 juta/meter, sedangkan untuk memiliki sebuah apartemen di Singapura seseorang harus mengeluarkan uang setidaknya 143 juta untuk setiap meter perseginya. Biaya makan di Singapura pun juga relatif lebih tinggi dibandingkan negara-negara lainnya yang ada di Asia.

Demikian itulah beberapa keuntungan dan kerugian tinggal di Singapura. Negara singapura memang negara yang cocok untuk bisnis properti, namun di negara ini segala sesuatunya memang lebih mahal. Sesuai dengan pendapatan mereka yang cukup tinggi.