Bisakah Warga Negara Asing Membeli Properti di Singapura?

Tidak semua negara yang ada di dunia yang akan membolehkan WNA atau Warga Negara Asing untuk dapat membeli sebuah properti di negaranya. Namun ternyata hal tersebut tentunya menjadi salah satu hal yang tidak berlaku di Singapore dan juga di Australia. Karena kedua negara ini yang ternyata memperbolehkan warga negara asing yang dimana bisa membeli properti di negaranya. Bentuk dari properti yang dimana bisa untuk yang dibeli ini seperti halnya rumah, apartemen, dan juga beberapa unit properti yang lainnya.

Cara Membeli Properti di Singapura, Untuk WNA 

Bahkan dari warga negara asing sendiri yang juga bisa membeli beberapa properti yang ada di Singapura yang biasanya tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas. Hebatnya, lagi dimana sejak tahun 2010 banyak sekali penggemar joker123 yang juga hingga tahun 2019 warga dari negara Indonesia sendiri yang dimana ternyata menempati sebagai posisi tiga terbanyak yang menjadi salah satu dari pembeli properti di Singapura. Data ini sendiri yang diambil dari Urban Redevelopment Authority atau (URA), yang  dimana juga digunakan untuk sebuah posisi pertama yang diduduki oleh China dan juga yang ada dalam posisi kedua yang kemudian diduduki oleh Malaysia.

Hal tersebut terjadi dan dilakukan bukan tanpa alasan, karena negara singapura sendiri adalah salah satu negara yang dipilih karena kondisinya yang stabil dan juga menjadi salah satu pilihan yang tepat yang dipilih beberapa orang untuk memiliki properti di sana. Jika anda memang salah satu orang yang sedang berkencan untuk dapat membeli properti di singapura maka anda harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini. 

Mempunyai Paspor Aktif

Syarat utama tentunya yang harus Anda miliki pada saat ingin membeli properti yang ada di Singapura yaitu adalah anda tentunya harus mempunyai paspor yang masih aktif. Karena paspor sendiri adalah salah satu dari identitas resmi yang anda miliki oleh seorang warga negara asing ketika mereka berkunjung ke Singapore. Selain itu paspor juga biasanya akan lebih sering dipakai pemilik properti untuk dapat melihat sebuah data pembeli yang nantinya akan membeli properti yang dia miliki.

Jadi proses sebuah pembelian properti sendiri bisa lebih lancar begitupun juga dengan sebuah  proses balik nama dari pemilik gedung dan juga pemilik tanah. Setelah proses untuk pendataan biasanya selesai maka warga negara asing yang tentunya sudah membeli properti tadi yang nantinya bisa menjual properti tersebut kembali ataupun juga bisa menyewakannya lagi ke pihak lain. Hebatnya lagi dengan paspor ini Anda juga bisa membeli properti di Singapura yang ada dalam jumlah yang tentunya tidak terbatas.

Menentukan Cara Pembelian Properti

Ada dua cara yang tentunya menjadi sebuah cara yang bisa Anda pakai untuk dapat membeli properti yang ada di Singapura yakni dengan menggunakan cara KPR dan juga dengan menggunakan sebuah cara down payment. Keduanya sendiri ternyata memiliki sebuah kelebihan dan juga sebuah kekurangannya sendiri-sendiri. Dimana untuk cara pembelian properti dengan cara KPR maka untuk pembayaran pertama anda yang akan dikenalkan sebuah bunga yaitu 75 % dari bunga yang ada dan dikenakan dari keseluruhan pinjaman. Lalu yang dimana biasanya pembayaran kedua yang nantinya hanya akan dikenai 55%.

Dan pembayaran yang ketiga Anda biasanya akan terkena 35%. Sedangkan untuk pembelian sebuah properti yang digunakan dengan cara down payment yang nantinya Anda sendiri akan terkena yaitu 25% yang akan dikenakan pembayaran pertama. Lalu 45% yang digunakan untuk sebuah pembayaran kedua dan juga pembayaran 65% untuk pembayaran yang ketiga atau juga yang terakhir. Yang perlu Anda untuk garis bawahi yang dimana adalah, untuk dapat membeli properti di singapura dengan menggunakan cara KPR dan juga dengan down payment Anda yang dimana juga harus berusia minimal 30 tahun dan juga maksimal 65 tahun.

Memilih Bank Untuk dapat Mendukung Pembayaran Properti

Karena Singapura sendri yang membolehkan WNA atau Warga Negara Asing yang bisa membeli properti di negaranya tersebut yang dimana maka Pemerintah Singapura sendiri juga menyediakan sebuah dukungan untuk sebuah layanan perbankan. Jadi nantinya Anda bisa membuka rekening bank di Singapura yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan sebuah pinjaman dana. Hal ini tentunya menjadi sebuah hal yang tidak akan Anda temukan di negara Indonesia karena Indonesia sendri belum mengizinkan WNA untuk dapat beli properti di Indonesia.

Tentunya untuk dapat bisa membuka sebuah rekening bank Singapura Anda yang dimana tentunya seperti syarat awal harus memiliki sebuah paspor yang tentunya masih aktif. Karena yang dimana nantinya petugas bank sendiri yang akan mendapatkan sebuah identitas asli Anda dari sebuah paspor yang nantinya Anda gunakan. Selain itu identitas diri Anda yang nantinya berlaku di Singapura sendiri hanyalah dari paspor yang tentunya sudah Anda miliki. Jadi sebelum anda memutuskan pilihan untuk dapat membeli properti di Singapura maka hal yang harus anda pastikan adalah paspor yang nantinya perlu Anda miliki dan tentunya harus masih dalam masa aktif dan juga masih bisa digunakan.

Membayar Pajak Properti

Semua properti yang di Singapura tentunya akan dikenai pajak yakni 18% dari sebuah harga properti atau dimana pajaknya sekitar SGD 5,400 sesuai dengan mata uang Singapura. Anda yang nantinya harus membayar pajak properti ini juga agar properti yang nantinya Anda beli mendapat sebuah surat legal dari Pemerintah Singapura. Dimana surat atau juga bukti dari sebuah pembayaran pajak dari properti ini yang nantinya bisa Anda pakai jika sewaktu-waktu nantinya ada masalah mengenai sebuah perpajakan properti yang nantinya Anda beli tadi.

Alasan WNA Beli Properti di Singapura

Meskipun untuk Pemerintah Singapura sendiri yang memang tidak membatasi sebuah jumlah properti yang dimana tentunya hal ini sendiri bisa dibeli oleh WNA namun tentunya tetap ada area properti yang juga dilarang untuk dibeli. Dimana dalam area sebuah pembatasan dalam area properti yang dimana tidak bisa dibeli, hal ini biasanya bertujuan agar nantinya kepentingan dari masyarakat asli Singapura sendiri yang tidak terganggu oleh WNA. Adapun juga alasan mengapa banyak sekali WNA yang ternyata  suka beli properti di Singapura yaitu adalah:

Harga Properti yang Terus Meningkat

Alasan utama yang menjadi dasar mengapa banyak sekali WNA Warga Negara Asing yang kemudian membeli properti di Singapura sendiri adalah dimana di negara singapura sendiri harga properti yang dimana terus meningkat. Jadi untuk dapat pembeli properti ini yang dimana tidak akan merugi dan malah justru akan mendapatkan sebuah keuntungan dari sebuah perbandingan dari harga properti yang dimana terus terjadi. Bahkan harga properti sendiri yang dimana akan terus meningkat dari tahun ke tahunnya  sejak properti tersebut sudah Anda beli.

Tidak Ada Pajak Penjualan

Keuntungan yang selanjutnya yang dimana tentunya akan Anda dapatkan pada saat anda membeli sebuah properti yang di Singapura adalah dimana nantinya Anda yang tidak akan dikenakan sebuah pajak penjualan atau yang disebut dengan PPN, estate duty, dan juga Pajak Penjualan pada Barang Mewah yang anda miliki PPNBM. Meskipun Anda yang nantinya akan terkena pajak ketika anda akan membeli properti namun pada saat Anda akan menyewakan properti milik Anda maupun juga nantinya anda akan menjual properti tersebut. Jadi nantinya Anda tidak akan perlu untuk dapat membayar kembali ketika properti yang nantinya anda beli sudah terjual.

Itulah kenapa alasan WNA lebih senang membeli properti di Singapura, dan juga beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membeli Properti di Singapura yang ternyata cukup mudah hanya dengan bermodalkan paspor saja, bagaimana anda tertarik?