Alasan Orang Suka Menyimpan Dana di Singapura

 

Singapura merupakan sebuah negara tetangga Indonesia yang lebih dikenal sebagai salah satu negara pusat bisnis dunia, khususnya yang ada di kawasan Asia. Tak heran bila banyak orang yang juga memilih untuk ikut berbondong-bondong untuk berinvestasi dan juga untuk menempatkan dana mereka di sana. Sebagai salah satu negara favorit dari para pemilik modal yang ada di kawasan Asia. Bahkan tak tanggung-tanggung, dari jumlah dana yang disimpan di negara Singapura jumlahnya yang sudah mencapai ribuan triliun dolar singapur.

Bahkan perusahaan konsultan manajemen multinasional yaitu McKinsey, yang pernah menyebutkan dana para orang kaya yang berasal dari Indonesia yang ditempatkan di Singapura sendiri yang jumlahnya mencapai sekitar US$200 miliar atau yang setara dengan Rp2.600 triliun. Tentu jumlah sebesar itu bukan hanya berupa sebuah aset bergerak, seperti halnya deposito, saham, surat berharga negara, dan lainnya, tapi juga berupa sebuah aset yang tidak bergerak berupa property dan juga lainnya.
Dimana Singapura juga menjadi salah satu negara pilihan para orang kaya di Indonesia untuk membeli properti.

Alasan Orang Suka Menyimpan Dana di Singapura

Oleh sebab itu, Indonesia menerapkan sebuah kebijakan pengampunan pajak atau yang disebut dengan (tax amnesty) pada Juli 2016 hingga Maret 2017. Dalam hal ini dengan harapan orang-orang yang menyimpan dananya di luar negeri dapat dibawa pulang ke Tanah Air dan mendeklarasikan hartanya untuk di investasikan di Indonesia. Padahal, bila dana sebesar itu diinvestasikan di negeri sendiri, tentunya dampaknya akan sangat positif. Dan juga dapat dirasakan untuk kemajuan perekonomian bangsa Indonesia. Namun, yang cukup menggelitik dan juga menjadi sebuah tanda tanya besar adalah mengapa orang kaya Indonesia yang lebih suka menaruh dananya dan juga membeli properti di Singapura?

Tentu kenyataan ini menjadi sebuah pertanyaan yang akan ada di dalam benak kita. Di satu sisi mungkin inilah sebuah cara agar Indonesia bisa belajar dari negara tetangga sendiri bagaimana sebuah cara yang paling tepat untuk menarik para pemilik dana untuk dapat memutar uangnya di Tanah Air. Lalu, sebenarnya apa yang menjadi alasan negara Singapura menjadi sebuah tempat favorit dan juga menjadi surga para miliarder untuk menaruh dananya? Berikut ini adalah beberapa alasan yang sudah kami rangkum :

1. Situasi Politik yang Aman & Stabil jadi Daya Tarik

Situasi politik di Singapura yang aman dan juga stabil telah menjadi jaminan para investor untuk berinvestasi di Singapura. Situasi politik tentunya menjadi sebuah hal yang dapat mempengaruhi berbagai keadaan termasuk juga keamanan dan kenyamanan yang akan dirasakan oleh suatu negara. Terlebih lagi bagi para pemilik dana yang sangat melimpah, tentunya mereka yang membutuhkan sebuah tempat yang dirasa nyaman untuk dapat berinvestasi.

Dan jika dibanding beberapa negara lainnya yang ada di dalam situasi politik di Singapura adalah salah satu negara yang relatif lebih aman dan stabil. Sehingga pemilik dana yang nantinya akan merasa nyaman untuk mempercayakan penempatan dananya yang ada di negara tersebut. Tak dipungkiri, selama ini juga pemerintah Singapura yang juga akan dapat memberikan sebuah jaminan iklim politik yang aman dan juga stabil tersebut.

2. Jaminan Sistem Pengawasan yang Kuat

Sebuah sistem pengamanan yang kuat yang penting untuk para investor. Singapura yang juga dikenal sebagai sebuah negara dengan sistem pengawasan yang kuat dari pembuat kebijakan alias memiliki sebuah sistem regulator. Sehingga tingkat kepercayaan yang ada terhadap pemerintah juga sangat cukup baik dan juga sudah dipandang sangat kredibel.

Tentu hal ini nantinya yang akan membuat para pelaku yang ada di dalam pasar keuangan yang ada di Singapura juga relatif terhindar dari tindak kecurangan atau sebuah penipuan atau yang disebut dengan (fraud) yang merugikan. Sehingga, nantinya aset para pemilik modal yang akan ditempatkan atau diinvestasikan di Singapura tersebut biasanya akan relatif lebih aman. Sehingga para investor yang merasa mereka terlindungi secara maksimal .

3. Punya Pengalaman Mengatasi Krisis Finansial

Krisis ekonomi yang biasanya juga terjadi di suatu negara yang umumnya dimulai dari saat terjadinya krisis pada sebuah sektor keuangan. Dalam kondisi krisis tersebut, maka para pemilik modal juga nantinya akan menjauh, Hal ini nantinya akan berakibat pada semakin sulitnya sebuah lapangan pekerjaan, hingga pengangguran dan juga sebuah kemiskinan yang meningkat. Itulah salah satu dari gambaran buruk yang ada dari krisis keuangan yang juga akan berpengaruh pada krisis ekonomi yang ada secara keseluruhan.

Yang bisanya akan memicu sebuah ketakutan di kalangan para pemilik dana atau juga investor. Dan Singapura yang terbukti menjadi sebuah negara yang mampu melewati berbagai krisis tersebut dengan baik. Pengalaman Singapura dalam menangani dan juga dalam mengelola sebuah krisis menjadi sebuah hal yang telah diakui oleh para manajer investasi yang ada di berbagai negara. Sehingga para pemilik dana tersebut menaruh kepercayaan yang tinggi di negara ini.

4. Teknologi dan Infrastruktur yang Baik

Tentunya sebuah infrastruktur yang baik akan menjadi sebuah hal yang sangat mendukung sebuah aktivitas ekonomi. Dalam pemeringkatan terbaru, yaitu dalam Pricewaterhousecooper (PwC) menempatkan negara Singapura sebagai satu-satunya kota yang ada di Asia Pasifik yang menjadi sebuah (pusat penghubung) dalam industri keuangan. Bahkan Singapura yang dia didapuk menjadi negara nomor 2 dunia sebagai sebuah pusat keuangan setelah London.

PwC juga mencatat bahwa keunggulan yang dimiliki oleh negara Singapura dibandingkan dengan negara di Asia Pasifik lainnya juga di karena kan teknologi dari sistem transportasi dan juga infrastrukturnya. Infrastruktur yang ada di Singapura cukup baik. Mulai dari sebuah kecepatan yang ada saat mengakses internet, infrastruktur transportasi, kemudahan dalam berbisnis, dan kemudahan lainnya sudah tidak diragukan lagi di negara ini.

5. Tarif Pajak yang Rendah

Tarif pajak penghasilan atau badan juga sebuah perusahaan cukup rendah jadi salah satu dari daya tarik tersendiri. Meskipun bukan menjadi sebuah alasan utama, namun jika tarif pajak yang relatif lebih rendah jika dibanding oleh negara lainnya, menjadi sebuah faktor yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang yang akan menempatkan dananya di Singapura.

Untuk tarif Pajak Penghasilan atau (PPh) Badan di Singapura hanya mengenakan pajak sebesar 17%, sedangkan Indonesia yang masih di 25%. Tentu ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan tarif pajak dari Singapura dan beberapa negara lainnya seperti halnya negara Hong Kong yang mengenakan pajak 16,6% dan Swiss sebesar 17,92%, serta beberapa negara lainnya.

6. Industri Perbankan yang Kuat

Alasan lainnya yang ternyata juga membuat para pemilik dana lebih suka untuk menempatkan investasi mereka di Singapura. Karena industri perbankan yang dikenal cukup kuat dan juga cukup mapan. Singapura juga menjadi sebuah negara yang dikenal lebih berpengalaman dalam mengelola aset investasi dari investor yang semakin menarik minat dari berbagai negara. Seperti halnya deposito mata uang asing berbiaya murah dan juga bunga yang kompetitif.

Itulah beberapa alasan kenapa negara Singapura menjadi sebuah negara yang paling disukai oleh para investor untuk menanamkan dananya. Singapura dipilih sebagai negara yang tepat untuk menyimpan dan berinvestasi, mulai dari properti sampai dengan saham. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan anda untuk berinvestasi di Singapura.